Minggu, 29 Oktober 2023

Profile PPMQ AT-TAHALLIY

(Postingan Lama)

Pondok Pesantren Putri
AT-TAHALLIY
Prayungan – Sawoo – Ponorogo

PonPes At Tahalliy adalah Pondok Pesantren khusus Putri yang terletak di Dukuh Ngimo Desa Prayungan Kec. Sawoo (Asrama Santri sementara masih menempati Rumah Warga).

Ponpes ini berada dibawah naungan Pesantren Induk PP Nurul Haromain, Pujon – Malang. Sanad keilmuan bersambung kepada Abi KH M Ihya’ Ulumiddin (seorang Alim lulusan Pesantren Langitan dan Rushaifah, Makkah, dibawah asuhan Abuya Sayyid Muhammad Alawi AlMaliki).

Nama At Tahalliy sendiri merupakan nama Pesantren ini yang diberikan oleh Abi Ihya’ saat Pengasuh sowan kepada beliau di Pujon.
Ponpes masih dalam proses tahap awal, beroperasi sekitar bulan Februari 2019 yang lalu dengan ditugaskannya da’i Nurul Haromain saat itu, Ust. Hayatuddin Albahry asal Cilacap, setelah sebelumnya bertugas di Kab. Sragen Jawa Tengah kurang lebih 4,5 tahun.

Semenjak beroperasi hingga kini setidaknya ada 6 santriwati yang mukim berasal dari daerah pegunungan sekitar Kec. Sawoo. Kegiatan sehari-hari pun sudah mulai berjalan layaknya pesantren-pesantren yang lain. Metode pembelajaran yang digunakan adalah semi salaf, mengaji sistem Sorogan maupun Bandongan. Santripun dianjurkan untuk mengikuti sekolah formal di sekolah-sekolah sekitar.

Untuk saat ini (tahap awal) yang ditekankan adalah pemantapan bacaan Al Qur’an yang dilanjutkan dengan tahfidz Juz 30. Rencana kedepan (semoga Alloh merestui) insyaAlloh akan fokus pada Tahfidzul Qur’an dan Pendampingan Pengembangan Skill sebagai bekal masa depan Santriwati sebagai Ibu Rumah Tangga dan Sekolah Awal bagi putra-putrinya. Saat ini pula sudah digalakkan pengembangan pendampingan skill yaitu keterampilan menjahit. Selanjutnya semoga bisa semakin berkembang. Aamiin..

Tentang Website ini
Website www.attahalliy.com adalah website yang baru dibuat karena berkaitan diperlukannya penyampaian informasi secara mudah dan cepat, terutama untuk saat ini Kami merasa perlu untuk menyampaikan detail donasi yang masuk untuk Pembebasan Lahan yang akan digunakan untuk PP At Tahalliy kedepanya.

Sebelumnya informasi donasi yang diterima Kami masukkan kedalam website www.murojaah.com namun karena masa domainnya habis maka Kami membuat domain baru yang sesuai dengan Pesantren. 

0 komentar:

Posting Komentar